Kamis, 19 Januari 2023

Kegiatan Penyusunan Ekuivalensi Matakuliah Prodi D3 Ke D4 dan RPS, CPL, CPMK

WORKSHOP PENYUSUNAN EKUIVALENSI MATAKULIAH PROGRAM STUDI D3 KE D4 DAN PENYUSUNAN RPS SERTA ASSESMEN CPL DAN CPMK


Pada tahun ajaran 2022/2023 Program Studi Sarjana Terapan (D4) Rekayasa Perancangan Mekanik telah dibuka dan memulai ajaran baru yang sebelumnya adalah Program Studi D3 Teknik mesin yang mana merencanakan untuk mengekuivalensi kurikulum D3 menjadi kurikulum D4 serta mengimplementasikan kurikulum berbasis Outcome Base Eduction (OBE).

Pada pasal 35 ayat 2 UU Dikti 12/2012 tentang kurikulum pada pendidikan tinggi menyatakan bahwa Kurikulum Pendidikan Tinggi dikembangkan  oleh  setiap perguruan tinggi  dengan  mengacu  pada Standar  Nasional  Pendidikan Tinggi untuk  setiap program studi yang mencakup  pengembangan  kecerdasan  intelektual, akhlak mulia, dan keterampilan. Peraturan  tersebut merupakan  landasan  hukum  untuk merumuskan  CP,  terutama  ketentuan  yang  tercantum  dalam salah satu standar yakni Standar Kompetensi Lulusan (SKL). SKL merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi  kemampuan lulusan  yang  mencakup  sikap,  pengetahuan,  dan  ketrampilan  yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran.

Dalam SN DIKTI dinyatakan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan  program  studi,  sehingga  CP  merupakan  unsur  utama  dalam  penyusunan dan pengembangan kurikulum.

Pelaksanaan KPT melalui beberapa tahapan yaitu penetapan Profil Kelulusan, Merumuskan Learning Outcomes, Merumuskan Kompetensi Bahan Kajian, Pemetaan Learning Outcomes, Bahan Kajian, Pengemasan Mata kuliah, Penyusunan Kerangka kurikulum, dan Penyusuan Rencana Perkuliahan.

Program kegiatan peningkatan akademik melalui pembuatan perangkat pembelajaran yaitu ekuivlensi kurikulum dari kurikulum lama prodi D3 menjadi kurikulum baru D4 serta penyusunan RPS (Rancangan Pembelajaran Semester) yang sangat perlu dilakukan untuk mendukung Perkuliahan Program Studi Sarjana Terapan (D4) Rekayasa Perancangan Mekanik. Program studi ini merupakan program studi baru yang mana peningkatan dari Program Studi D3 Teknik Mesin menjadi Program Studi Sarjana Terapan (D4) sesuai dengan SK izin pembukaan prodi no 48/D/OT/2022, sehingga perlu dilakukan penyusunan ekuivalensi matakuliah dan pembuatan RPS matakuliah baru.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui ekuivalensi kurikulum D3 menjadi Kurikulum D4 serta penyusunan RPS berbasis OBE sehingga memiliki dampak positif pada proses kegiatan belajar mengajar dan sesuai tujuan Program Studi.

Kegiatan dilakukan dengan menghasilkan luaran Daftar Konversi/Ekuivalensi Matakuliah D3 menjadi matakuliah D4 serta RPS berbasis OBE yang sesuai dengan capaian pembelajaran Program Studi Sarjana Terapan (D4) Rekayasa Perancangan Mekanik.

0 komentar:

Posting Komentar