Kamis, 19 Januari 2023

Visi, Misi dan Tujuan Program Studi RPM Unej

Program Studi D4 Rekayasa Perancangan Mekanik Universitas Jember

Program Studi Rekayasa Perancangan Mekanik (RPM) merupakan bidang keahlian yang mempelajari perancangan, penerapan dan pengembangan di sistem mekanik yang mengambil peranan dalam bidang agroindustri.

            Untuk menghasilkan lulusan dengan profil lulusan tersebut diatas perlu disusun tahapan proses pembentukan kompetensi yang terimplementasi pada sebaran matakuliah (proses pembejaran) dari semester 1 sampai akhir pembelajaran. Proses pembentukan kompetensi lulusan memerlukan tahapan yang terstruktur dan terintegrasi, untuk itu secara mikro diperlukan implementasi pembelajaran dalam bentuk Rancangan Pembelajaran Semester yang didalamnya terdapat indikator capaian pembelajaran dan secara makro tahapan tersebut pada penyusunan roadmap program studi yang meliputi pengembangan sumber daya manusia, infrastruktur pembelajaran (sarana dan prasarana) dan jejaringnya (mitra kerjasama SMK, IDUKA dan alumni).

Penyusunan Kurikulum tidak lepas dari Visi, Misi, dan Tujuan, agar kurikulum yang di susun dapat mendukung Visi, Misi dan Tujuan dan tercapai impian, cita-cita atau nilai inti dari Program Studi Sarjana Terapan Rekayasa Perancangan Mekanik. Berikut adalah Visi, misi, dan Tujuan Program Studi Sarjana Terapan Rekayasa Perancangan Mekanik:

1.        Visi

Visi program studi rekayasa perancangan mekanik dirumuskan berdasarkan visi fakultas Teknik universitas jember. Adapun visi Program Studi Sarjana Terapan Rekayasa Perancangan Mekanik sebagai berikut:

Menjadi lembaga pendidikan vokasi di bidang rekayasa perancangan mekanik yang unggul dalam pengembangan dan penerapan sains teknologi yang berwawasan lingkungan dalam lingkup pertanian industrial”.

 

2.        Misi

Untuk mewujudkan Visi diatas maka ditetapkan misi sebagai berikut:

     Menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang rekayasa perancangan mekanik yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang unggul, inovatif, berdaya saing, dan berwawasan ecotechnopreneurship;

     Menerapkan sains dan teknologi untuk kesejahteraan mayarakat melalui tri dharma perguruan tinggi

     Menjalin mitra dunia usaha dan dunia industri maupun institusi lain dalam rangka mengembangkan pendidikan vokasi

     Menjunjung tinggi moral dan etika akademis dalam membentuk sumberdaya manusia yang professional dan berakhlak mulia.

 

3.        Tujuan

Dalam rangka mewujudkan misi Program Studi Sarjana Terapan Rekayasa Perancangan Mekanik, telah menetapkan tujuan program studi adalah menghasilkan lulusan yang: 

1.        Mampu melakukan perancangan, penerapan dan pengembangan pada sistem mekanik pada industri pertanian yang berwawasan lingkungan dengan berbasis Technology industry 4.0.

2.        Mampu mengawasi, menganalisis dan mengevaluasi suatu desain dalam perancangan mesin secara terukur

3.        Mampu mengawasi dan mengestimasi waktu serta biaya tentang pemesinan, fabrikasi, pengelasan, assembly dan perawatan mesin.

4.        Mampu mendirikan usaha/bisnis pembuatan alat atau mesin pertanian.

5.        Mampu berkomunikasi teknik baik secara lisan, tulisan dan melalui gambar Teknik.

0 komentar:

Posting Komentar